NasionalPolitik

Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus?

Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus? (tabloidnasional.com)Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus?

Telah viral di media sosial, sebuah video penyisiran sejumlah anggota Brimob usai kerusuhan 22 Mei. Video yang merekam pengeroyokan brutal, karena dipukuli dan ditendang saat sudah tak berdaya, terhadap seorang pemuda yang diduga bagian dari massa perusuh pada Kamis 23 Mei 2019.

Adapun lokasi dalam video tersebut di area parkir dekat Masjid Al Huda, Kampung Bali. Sebuah perkampungan di balik Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tidak jauh dari Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Belakangan, polisi menunjukkan jika pemuda tersebut adalah Andri Bibir, 31 tahun. Dia disangka memberikan batu-batu kepada massa perusuh pada Kamis dini hari, juga membantu memberikan air untuk menghindari serangan gas air mata aparat.

Andri yang dikenal teman-temannya sebagai Andre atau Bibir diyakinkan tidak tewas, dan kini berada dalam tahanan bersama sembilan tersangka lainnya yang ditangkap hasil penyisiran pada waktu yang sama.

Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus? (tabloidnasional.com)
Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus?

Namun, sejumlah kesaksian bermunculan usai video tersebut viral. Di antaranya adalah yang disampaikan I, seorang warga setempat. Dia meragukan jika pria korban pengeroyokan disangka massa perusuh itu adalah Andri Bibir. “Saya yakin yang digebuki itu Markus, bukan Andre,” ujarnya, Sabtu 25 Mei 2019.

Warga ini menjelaskan, anggota Brimob memang menangkap empat orang dari belakang area parkir tersebut. Dari keempat orang itu yang dikenalnya adalah Markus, Andre, dan Lubis. Ketiganya disebut sebagai pemuda yang sering nongkrong di depan lahan parkir di dekat Masjid Al Huda sebagai juru parkir liar. Keterangan yang didapat dari warga lainnya, satu sisanya adalah Jurianto, supervisor di area parkir.

Kesaksian warga tersebut sejalan dengan kesaksian lain, bahwa korban yang sempat diseret aparat–seperti tampak dalam video viral–adalah Markus. Pemuda 30 tahun itu diseret dari area Masjid Al Huda hingga ke lokasi palang pintu masuk parkir.

“Kepalanya kepentok di situ (tiang di pintu masuk lahan parkir),” ujar saksi. Di tiang itu tampak masih terdapat bercak merah, diduga darah Markus pada Jumat 24 Mei.

Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus? (tabloidnasional.com)
Siapa Korban Dalam Video Brimob Brutal, Andri Bibir Atau Markus?

Kemudian, seorang saksi lain mengaku ikut ditangkap tetapi berhasil melepaskan diri. Ia berujar sempat berada dalam satu mobil aparat bersama Markus, Lubis, Andre dan Jurianto. Dia menyebut keempat rekannya itu masih hidup, tapi Markus yang dilihatnya paling parah.

“Pas di mobil Markus emang lagi megap,” kata dia sambil meletakkan tangan di bagian dada mendemonstrasikan kondisi Markus. Dia meyakinkan, “Kan satu mobil sama ane. Ane bisa keluar.” Dia sendiri mengaku dipukul bagian kepala oleh aparat. Saat itu, empat titik di kepalanya sempat mengeluarkan darah.

Sementara itu, dalam keterangannya, Markas Besar Polri menuturkan bahwa Andri Bibir telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kerusuhan 22 Mei. Andri ada dalam kelompoknya yang berjumlah sepuluh orang. Mereka yang lainnya adalah Mulyadi yang disangka menyerang polisi lalu Arya, Asep, Masruki, Abriansyah, M Yusuf, Julianto, Syaffudin dan Markus dengan sangkaan melempar batu dan molotov.

Tinggalkan Balasan