Nasional

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan (tabloidnasional.com)KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Hal tersebut dikarenakan, Lukman tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK pada Rabu (24/4/2019).

Berdasarkan jadwal pemeriksaan hari Rabu, Lukman rencananya diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan di Kemenag Jawa Timur. Ia rencananya diperiksa untuk tersangka mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romy.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah berharap Lukman dapat memenuhi panggilan pada pemeriksaan berikutnya.

“Kami harap ketika waktu penjadwalan ulang ini, bisa datang memenuhi panggilan. Karena saat ini seharusnya panggilannya kan hari ini tapi kemudian karena ada tugas lain dijadwalkan ulang. Jadi kami harap nanti dijadwal tersebut yang bersangkutan bisa datang,” ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu malam.

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan (tabloidnasional.com)
KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan

Namun demikian, Febri belum menjelaskan secara spesifik, kapan Lukman akan dipanggil kembali. Karena, penjadwalan ulang bergantung pada kebutuhan penyidik.

“Karena penyidik sudah menyusun rencana kerja, menyusun jadwal untuk pemeriksaan saksi-saksi tersebut jadi nanti akan dilihat penjadwalan ulangnya kapan. Tapi tentu tidak akan terlalu lama ya dalam waktu cepat kami akan melakukan penjadwalan ulang kembali,” tutur Febri.

Adapun, alasan Lukman berhalangan hadir lantaran sedang memberikan pengarahan pelaksanaan haji tahun 2019 di Bandung. Menurut Febri, staf Lukman sudah menyampaikan surat ke penyidik.

“Tadi ada staf Menteri Agama RI yang datang menyampaikan surat untuk penyidik. Prinsipnya, surat tersebut meminta izin tidak dapat memenuhi panggilan KPK hari ini karena ada kegiatan di Bandung,” ungkap Febri.

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan (tabloidnasional.com)
KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan, Menteri Agama Harap Penuhi Panggilan

Sebagai informasi, Romahurmuziy diduga menerima uang dengan total Rp 300 juta dari dua pejabat Kemenag di Jawa Timur. Mereka adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muafaq Wirahadi.

Uang tersebut diduga sebagai komitmen kepada Romy untuk membantu keduanya agar lolos dalam seleksi jabatan di wilayah Kemenag Jawa Timur. Romahurmuziy dianggap bisa memuluskan mereka mengikuti seleksi, lantaran ia dinilai mampu bekerja sama dengan pihak tertentu di Kemenag.

Saat itu, Haris melamar posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Sementara itu, Muafaq melamar posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.