NasionalPolitik

Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Asli

Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Asli (tabloidnasional.com)Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Asli

Mochammad Afifuddin, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memastikan bahwa surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, adalah asli. Surat suara tersebut tercoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Sedangkan surat suara untuk pemilihan legislatif tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem.

Afifuddin mengatakan,  hal tersebut sudah terkonfirmasi oleh jajaran Panwaslu Kuala Lumpur yang mendatangi lokasi penyimpanan surat suara tersebut.

“Dalam konfirmasi jajaran kami, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) sudah dipastikan dan dijawab dengan huruf tebal dan ber-font besar, dia pastikan (surat suara tercoblos itu) asli,” katanya dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) malam.

Selain itu, Afifuddin juga mengatakan telah mendapat kepastian berulang kali dari jajarannya di Malaysia, surat suara tercoblos di sana adalah surat suara untuk metode pemungutan lewat jalur pos.

Mochammad Afifuddin, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) (tabloidnasional.com)
Mochammad Afifuddin, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)

Karenanya, pengiriman tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu ke Malaysia bertujuan untuk memastikan lebih lanjut soal temuan itu. Mereka juga akan menginvestigasi mengapa surat suara yang keluar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), tidak sampai ke alamat tujuan pemilih. Melainkan justru mengendap dalam sebuah ruko kosong di Selangor, Malaysia.

Sebelumnya, beredar sebuah video yang menunjukkan tumpukan puluhan kantong warna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 sudah tercoblos dalam ruangan kosong sebuah ruko, kawasan Bandar Baru Bangi, Taman Universiti Bangi, Selangor, Malaysia.

Video berdurasi 5 menit 5 detik itu beredar di media sosial WhatsApp memperlihatkan surat suara pemilihan Presiden dan pemilihan DPR RI yang telah tercoblos. Nampak sekitar 57 kantong hitam dibariskan rapi pada sudut ruangan.

Ditunjukkan dalam video tersebut, surat suara pemilihan Presiden sudah tercoblos untuk paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, sedangkan surat suara DPR RI tercoblos untuk caleg Partai Nasdem.

Tinggalkan Balasan