NasionalPolitik

Kaget, Kritikan JK Ternyata Sejalan Dengan Prabowo Soal Infrastruktur 

Kaget, Kritikan JK Ternyata Sejalan Dengan Prabowo Soal Infrastruktur 

Wakil Presiden M. Jusuf Kalla kembali melontarkan kritik terhadap pembangunan proyek kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Indonesia yang dinilai tidak efisien. Hal tersebut membuat kaget Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dengan sikap Jusuf Kalla (JK) yang mulai mengkritisi proyek pembangunan infrastruktur di pemerintahannya bersama Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga sebagai Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa apa yang disampaikan Jusuf Kalla (JK) sejalan dengan dengan apa yang pernah disampaikan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

“Sudah berapa kali ngomong bahwa komponen dari LRT itu terlalu mahal, itu pak Prabowo yang bilang ya di beberapa kesempatan,” ujar Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1).

“Ya kalau pak JK bilang begitu, pak Prabowo bilang begitu, ya mungkin begitu (LRT mahal dan tidak afesien),” lanjut anggota DPR ini.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad

Dasco melanjutkan, ungkapan Prabowo selaras dengan temuan Jusuf Kalla (JK) di lapangan yang menyatakan bahwa komponen LRT dan beberap proyek infrastruktur lainnya memakan anggaran terlalu fantastis.

Dasco mengaku kaget dengan ungkapan Jusuf Kalla (JK) meski terkesan terlambat menyadari mahalnya biaya pembangunan infrastruktur LRT Jabodebek termasuk tidak efesiensinya LRT di Palembang dan Makassar.

“Pemerintah ngomong itu sudah dihitung. Tapi ini kita agak kaget juga bahwa pak JK ternyata baru sadar kalau itu komponennya terlalu mahal,” tuturnya.

Namun demikian, Wakil Ketua Umum Gerindra ini juga mengaku tidak mengetahui sebab terjadi perbedaan pendapat antara Wapres dengan pemerintah terkait infrastruktur.

“Ya mungkin pak JK baru denger sehingga baru bereaksi. Kalau soal masalah perpecahan dan segala macem mereka yang tahu ya saya nggak tahu,” pungkas Dasco.

Diketahui, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) beberapa kali menyampaikan kritik terhadap sejumlah proyek infrastruktur yang tengah gencar dibangun pada era pemerintahan Presiden Jokowi. Di antaranya, proyek infrastruktur pembangunan LRT di samping tol Jagorawi, LRT Palembang dan kereta Trans Sulawesi.