NasionalPolitik

Aneh, Tanggapan Sandiaga Soal Pernyataan Presiden Pemimpin Harus Punya Pengalaman

Aneh, Tanggapan Sandiaga Soal Pernyataan Presiden Pemimpin Harus Punya Pengalaman

Presiden Joko Widodo mengatakan menjadi pemimpin harus mempunyai pengalaman. Menanggapi hal tersebut,  calon wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menganggap pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi aneh. Menurutnya, hal itu sangatlah aneh.

Dikatakan Sandiaga, jika memimpin negara haruslah orang yang sudah memiliki pengalaman, maka sama artinya yang boleh menjadi pemimpin negara adalah presiden sebelumnya. Pernyataan itu dinilai oleh Sandiaga tidak tepat.

“Akan sangat aneh kalau ada pernyataan tidak boleh mencalonkan diri kalau belum pernah memimpin negara, berarti hanya presiden sebelumnya yang boleh,” ujar Sandiaga saat ditemui di Pasar Lokbin Rorotan, Jakarta Utara, Minggu (13/1/2019).

“Sementara Pak SBY sudah dua kali mencalonkan,” lanjut Sandi.

Aneh, Tanggapan Sandiaga Soal Pernyataan Presiden Pemimpin Harus Punya Pengalaman
Aneh, Tanggapan Sandiaga Soal Pernyataan Presiden Pemimpin Harus Punya Pengalaman

Menurut Sandiaga, keputusannya mencalonkan diri sebagai wakil presiden bukanlah untuk kepentingan pribadinya, melainkan untuk memenuhi panggilan rakyat. Keputusannya ini mencerminkan bentuk demokrasi untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Kami mencalonkan diri sebagai bentuk demokrasi karena kami merasa terpanggil. Jadi kami ini pencalonan bukan untuk Prabowo dan Sandi, ini untuk masyarakat dan biarkan masyarakat yang menilai,” jelas Sandiaga.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini mengklaim selalu mendapatkan tanggapan positif dari rakyat saat mendatangi beberapa daerah saat kampanye. Ia pun optimis dapat membawa perubahan besar bagi warga Indonesia apabila terpilih.

“Alhamdulillah tanggapan masyarakat semakin hari semakin kuat dan harapan mereka akan perubahan semakin terasa. Mudah-mudahan 17 April 2019 bisa terwujud,” tutur Sandi.

Namun demikian, Sandiaga tidak menampik jika pengalaman itu penting bagi calon pemimpin negara. Dan pengalaman itu juga dimiliki oleh Prabowo Subianto.

“Perlu pengalaman tentu, dan pengalaman itu pak Prabowo punya pengalaman di bidang militer, di bidang usaha membangun politik kita dari partai yang bisa dibilang partai kecil di 2008 beliau sekarang memimpin partai yang besar ini perlu kepemimpinan yang betul-betul mumpuni,” ungkap Sandiaga.

“Saya beruntung bersama Prabowo bisa berinteraksi, beliau adalah pemimpin yang sudah dirindukan masyarakat kita,” katanya.

Sementara itu, pengalaman juga mengajarkan kita untuk dapat melakukan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dari pengalaman juga bisa menentukan bagaimana kinerja seseorang, apakah masih layak untuk memimpin bangsa ini.