NasionalPolitik

Ini Penjelasan Djoko Santoso Terkait Hubungan Prabowo Dengan Kelompok Islam

Ini Penjelasan Djoko Santoso Terkait Hubungan Prabowo Dengan Kelompok Islam

Bhinneka Tunggal Ika tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Begitu juga dengan agama yang ada di Indonesia, meski berbeda-beda tetapi tetap terjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Djoko Santoso menjelaskan perihal kedekatan Prabowo dengan kelompok Islam dan hubungannya dengan kaum minoritas. Dikatakan Djoko, Prabowo bukannya merangkul kelompok Islam, melainkan didukung.

“Pak Prabowo itu bukan merangkul, tapi didukung,” ujar Djoko di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 27 Desember 2018.

Menurut Djoko, kelompok Islam di Indonesia mendukung Prabowo karena merasa tersudut. “Mereka meyakini apabila Prabowo menjadi presiden maka tidak akan tersudut lagi,” kata Djoko.

Ini Penjelasan Djoko Santoso Terkait Hubungan Prabowo Dengan Kelompok Islam
Ini Penjelasan Djoko Santoso Terkait Hubungan Prabowo Dengan Kelompok Islam

Djoko pun mengklaim Prabowo merupakan sosok yang plural dan dekat dengan kelompok mana pun. Pendidikan di militer, katanya, melatih Prabowo untuk berdiri di atas semua golongan dan kelompok agama.

“Sangat plural, jadi enggak perlu dikhawatirkan. Orang-orang Islam ini hanya menuntut agar dia diperlakukan secara proporsional,” tutur Djoko.

Namun, apa yang dia maksud dengan tersudut dan diperlakukan secara proporsional, Djoko tidak menjelaskan. Dia mengklaim bahwa kelompok Islam pendukung Prabowo, salah satunya massa 212, tidaklah berbahaya.

Yang menjadi alasan Djoko adalah kelompok 212 tersebut mampu menggelar aksi damai pada reuni 02 Desember lalu. Dia mengklaim massa pun berinisiatif membersihkan sampah yang dihasilkan.

“Bagaimana berbahaya, wong sampah aja diambil. Kalau radikal sudah hadap kanan masuk istana,” ucap mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia ini.

Massa 212 sedang membersihkan sampah di lapangan Monas
Massa 212 sedang membersihkan sampah di lapangan Monas

Di sisi lain, mengenai latar belakang keluarga Prabowo yang beragam pun disinggung Djoko. Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo, misalnya, beragama Kristen. Demikian pula anggota keluarga Prabowo lainnya.

Kemudian Djoko juga berujar mengenai sikap Prabowo yang menghadiri undangan perayaan Natal yang digelar kerabat-kerabatnya. Sehingga, publik tidak perlu risau menganggap Prabowo terlalu dekat dengan massa Islam dan tidak dekat dengan kelompok minoritas.

Demikianlah penjelasan Djoko Santoso terkait hubungan Prabowo dengan kelompok Islam.