Kesehatan

Benarkah Air Soda Bisa Tunda Proses Penuaan?

Benarkah Air Soda Bisa Tunda Proses Penuaan?

Di tengah teriknya matahari sambil menikmati minuman soda, tentu sering jadi pilihan untuk menyegarkan dahaga. Meskipun menyegarkan, ternyata air soda dapat menyebabkan obesitas bila diminum berlebihan.

Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Warascesaria Haryono, Sp.GK mengatakan, air soda merupakan jenis sparkling water yang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Terlebih, dengan mengonsumsi cairan yang cukup, bisa menekan proses penuaan dini.

“Air soda tanpa tambahan pengawet dan pemanis lainnya, dapat mencukupi kebutuhan air dan itu bisa menekan proses penuaan,” ujar dokter Marya dalam program Ayo Hidup Sehat di TvOne, Jumat, 23 November 2018.

Tetapi, bahaya minuman bersoda yang dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan timbunan lemak di tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan karbonasi, pemanis, pewarna, dan pengawet. Bahkan, beberapa jenis minuman bersoda juga mengandung kafein dan alkohol, meski dalam jumlah yang sedikit.

Benarkah Air Soda Bisa Tunda Proses Penuaan?
Benarkah Air Soda Bisa Tunda Proses Penuaan?
“Sayangnya minuman bersoda di masyarakat yang beredar sudah ada tambahan gula, karena cenderung memiliki rasa yang manis. Sehingga, minum soda dalam jumlah berlebihan bisa sebabkan diabetes,” kata dia.

Karena itu, Dokter Marya menyarankan agar konsumsi air soda yang memiliki rasa manis, sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bila perlu, konsumsi air soda yang tanpa pengawet dan gula tambahan agar manfaat baiknya lebih terasa pada tubuh.

“Sebaiknya pilih soda dengan tanpa tambahan gula sehingga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kalau pun ingin air soda dengan rasa manis, secukupnya saja dan hanya untuk kesegaran dahaga,” terang Dokter Marya.