Internasional

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan Di California Sudah Tembus 70 Jiwa

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan Di California Sudah Tembus 70 Jiwa

Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan California Utara, yang dijuluki “Camp Fire”, sudah menembus angka 70 jiwa.  Hal tersebut dinyatakan otoritas di California, Amerika Serikat (AS). Selain itu, hampir 1.000 orang masih dilaporkan hilang.

Seperti dilansir Xinhua pada Senin (19/11), menurut Sheriff Butte County, tim pencari dan penyelamat menemukan sisa jenazah di area kebakaran pada akhir pekan. Ini menjadikan jumlah korban tewas menjadi 77 orang.

Sedangkan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran Californi (Cal Fire) menyebut api, yang pertama kali dilaporkan pada 8 November di Butte County, sudah menghanguskan 607 km persegi, dan sudah  menghancurkan lebih dari 13.000 bangunan, termasuk 10.364 rumah, 418 gedung komersial dan 2.992 bangunan lainnya.

“Petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan yang baik sepanjang hari Minggu untuk memperkuat dan meningkatkan garis penahanan. Para pemadam terus bekerja di medan yang curam dan berat untuk menerapkan jalur kontrol langsung dan tidak langsung yang dapat membantu menghentikan api,” kata Cal Fire.

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan Di California Sudah Tembus 70 Jiwa
Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan Di California Sudah Tembus 70 Jiwa

Adapun The Camp Fire sendiri disebut-sebut sebagai kebakaran paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah California. Kebakaran ini juga merupakan kebakaran paling mematikan dalam 100 tahun terakhir di AS.

Di sisi lain, petugas pemadam kebakaran menyebut titik api terparah di Camp Fire sudah berhasil dikendalikan hingga 50%, tetapi mereka membutuhkan waktu hingga akhir bulan untuk memadamkan seluruh kebakaran.

Umumnya, “musim kebakaran hutan” California terjadi saat musim panas hingga awal musim gugur, tapi kini pakar memperingatkan kebakaran hutan bisa terjadi sepanjang tahun.

Sementara itu tingkat kelembaban yang rendah, suhu angin yang terus menghangat, dan permukaan tanah yang kering setelah lima bulan tanpa hujan dapat memicu kebakaran besar.