Budaya

Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor

Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor
Datanglah ke Kampung Budaya Sindang Barang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, jika Anda ingin mengenal adat Sunda. Di kampung ini setidaknya terdapat 20 rumah adat Sunda Sindang barang yang sudah direkontruksi dan direvatalisasi. Rumah-rumah ini memiliki fungsi yang berbeda mulai dari tempat tinggal warga, lumbung padi, balai tempat berkumpul hingga penginapan.
Menurut sejarahnya Kampung Sindang Barang sudah ada sejak abad ke-12 dan terpapar dalam Babad Pajajaran dan tertulis juga dalam Pantun Bogor. Kebudayaan Sunda yang masih kental tercermin dalam perilaku kehidupan masyarakatnya sehari-hari terutama direfleksikan dalam pelaksanaan acara Serentaun yang rutin dilaksanakan di Kampung Sindang Barang.
Kampung Budaya Sindang Barang adalah salah satu kampung adat dari 20 kampung adat di Jawa Barat yang hingga kini masih mempertahankan aspek kebudayaan lokal Kerajaan Pajajaran dimana terdapat 78 lokasi situs sejarah Pakuan Sindang Barang.
Sementara rumah kepala adat atau Imah Gede terletak di tempat yang paling tinggi dari rumah lainnya dengan rumah sang Gilang Serat atau sekertaris berada disamping Imah Gede. Tidak jauh dari Imah Gede terdapat saung yang disebut Saung Talu yang berbentuk seperti sebuah panggung besar dengan alat musik di dalamnya seperti Angklung dan Gamelan. Saung ini berfungsi sebagai tempat pertunjukan kesenian Sunda.
Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor
Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor
Di masing-masing rumah adat terdapat kelenting angin yang terbuat dari daun pohon rotan yang dipercaya dapat mengusir mahluk ghaib. Sementara itu di depan Imah Gede terdapat alun-alun yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan upacara adat yang biasanya diselenggarakan setiap tahun sekali.
Upacara Adat Sunda Sindang Barang ini disebut Adat Seren Taun yaitu upacara pesta panen raya yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh masyarakat Sunda Ladang. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang diperoleh. Upacara ini diselenggarakan pada setiap bulan Muharam selama 7 hari meliputi upacara ritual dan penampilan seni tradisional yang dihadiri hampir oleh seluruh masyarakat desa.
Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor
Menilik Adat Sunda Di Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor
Di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor Anda dapat mempelajari Budaya Sunda Sindang Barang sambil belajar seni tari jaipongan dan pencak silat Cimande. Tidak hanya itu, Anda juga dapat bermain permainan tradisional sunda seperti engrang, dampu, bakiak dan memanah ditengah suasana persawahan yang indah dan menenangkan jiwa.
Akses Menuju Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor
Berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Bogor, Kampung Budaya Sindang barang berada diantara pemukiman warga Kampung Sindangbarang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Untuk mengunjungi Kampung Sindangbarang, selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menaiki angkutan umum dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.
Demikianlah ulasan mengenai adat Sunda di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor. Semoga dapat bermanfaat.