Life StyleWisata

Menengok Wisata Sejarah Goa Gajah Di Bali, Ada Apa Saja Di dalamnya?

Menengok Wisata Sejarah Goa Gajah Di Bali, Ada Apa Saja Di dalamnya?

Bali, selain kaya akan objek-objek wisata berjenis wisata alam, juga ternyata memiliki beberapa objek wisata sejarah. Tempat wisata di Bali yang termasuk ke dalam jenis ini, salah satunya adalah objek wisata Goa Gajah yang terletak di daerah Ubud. Di samping menjadi tempat sakral, Goa Gajah juga lazim dijadikan sebagai tempat berwisata oleh para penyuka wisata sejarah.

Asal Usul dan Daya Tarik Goa Gajah

Sekilas mungkin banyak yang menyangka bahwa tempat ini adalah sebuah goa. Nyatanya, Goa Gajah adalah sebuah pura tempat beribadah umat Hindu. Bentuknya memang sepintas mirip goa, dengan sebuah lorong untuk masuk ke dalamnya.

Lalu mengenai asal usul, Goa ini pertama kali diungkap oleh seorang pejabat Hindia Belanda bernama LC. Heyting. Nama Goa Gajah yang dipilih sebagai namanya, merupakan hasil dari ekstraksi Lontar Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca.

Di dalam lontar tersebut, Mpu Prapanca menulis informasi mengenai keberadaan sebuah “Lwa” dan “Gajah”. Setelah ditelusuri dan diartikan ke dalam bahasa Indonesia, ternyata “Lwa” yang dimaksud Mpu Prapanca berarti sebuah sungai, sedangkan “gajah”, berarti sebuah Wihara tempat pemujaan.

Kemudian dari penggabungan kedua kata itulah nama pura ini diambil. Sampai sekarang, banyak juga masyarakat Budha Bali yang menyebut pura ini dengan nama Goa Lawah Bali.

Menengok Wisata Sejarah Goa Gajah Di Bali, Ada Apa Saja Di dalamnya?
Menengok Wisata Sejarah Goa Gajah Di Bali, Ada Apa Saja Di dalamnya?

Lalu apa saja yang menarik untuk dilakukan di Goa Gajah?

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam rangka berlibur ke tempat wisata di Bali yang satu ini. Selain menikmati suasana kawasannya yang memang masih alami, bentuk bangunannya yang terbilang unik juga kerap menjadi buruan para wisatawan untuk berfoto. Anda bisa menjepret bangunan pura, ataupun menjadikannya sebagai latar belakang foto Anda sendiri.

Selain itu, bangunan ini sangat kental dengan nilai-nilai sejarah yang dapat Anda temukan dan pelajari. Sehingga selain mendapatkan outputberupa kesegaran fikiran, setelah pulang dari tempat ini Anda juga akan memperoleh pengetahuan baru terkait sejarah.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Gajah

Goa Gajah berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika diukur dari Denpasar, maka jaraknya adalah sekitar 27 kilometer. Untuk sampai di lokasinya, Anda bisa melewati Jl. WR Supratman dengan waktu tempuh sekitar 55 menit berkendara.

Harga Tiket Masuk Goa Gajah

Tempat-tempat wisata umunya tidak bisa dimasuki secara gratis, begitu juga dengan tempat wisata di Bali ini. Untuk dapat menjelajahi kisah sejarah umat Hindu Bali di Goa Gajah, para pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Kemudian bagi yang datang menggunakan kendaraan pribadi, ada biaya retribusi parkir yang juga harus dibayar, yakni sebesar Rp5.000 untuk mobil, dan Rp3.000 untuk sepeda motor.

Demikianlah sekilas mengenai wisata Goa Gajah yang terletak di daerah Ubud. Jika Anda berlibur ke Bali sempatkan untuk mengunjungi wisata ini bersama pasangan atau keluarga di akhir pekan. Selamat berlibur!