NasionalopiniPilpres 2019

PRABOWO SUBIANTO: PRAJURIT BERPANGKAT RENDAH LEBIH JUJUR

PRABOWO SUBIANTO: PRAJURIT BERPANGKAT RENDAH LEBIH JUJUR

Prabowo Subianto menceritakan pengalaman saat berhadapan dengan perwiranya yang suka mengutamakan “Asal Bapak Senang (ABS)”. Menurut Prabowo, prajurit berpangkat rendah itu terkadang lebih jujur dibanding yang berpangkat tinggi. Hal ini disampaikan Prabowo dalam diskusi yang disiarkan lewat facebook DIGDAYA TV.

“Saat itu saya berpangkat Mayor dan memimpin Batalyon 328. Di sekitar lapangan upacara Batalyon terdapat banyak pohon. Saya paham bahwa pohon-pohon itu bermanfaat banyak. Mulai dari menambah kesejukan, keindahan, rindang, untuk berteduh, dan manfaat lain dari sisi lingkungan hidup,” ucap Prabowo.

“Suatu ketika saya ingin ‘ngetes’ kejujuran perwira saya dalam menyampaikan pendapat. Apakah mereka orang yang jujur dalam berpendapat atau hanya sekedar ‘Asal Bapak Senang’,” ujar Prabowo.

“Kemudian saya kumpulkan perwira saya dan mengatakan. Perwira, saya ini kan komandan kalian. Sengaja saya gunakan penekanan ‘saya ini komandan kalian’. Untuk mengetahui apakah mereka tunduk kepada saya karena pangkat atau karena kebenaran,” lanjut Prabowo.

“Sebagai tentara, pandangan kita harus luas dan pohon-pohon ini menghalangi pandangan. Jadi, menurut saya sebaiknya pohon-pohon yang ada di sekitar lapangan ini ditebang saja karena menghalangi pandangan,” tanya Prabowo.

“Setelah menyampaikan itu, saya melihat ekspresi terkejut dan raut wajah penolakan dari semua perwira itu. Kemudian satu per satu perwira tunjuk untuk diminta pendapat.”

“Siap, gagasan yang bagus pak,” kata perwira yang pertama ditunjuk.

“Siap, saya sependapat pak,” kata perwira di sebelahnya.

“Siap, ide yang sangat bagus pak,” ucap perwira di sebelahnya lagi.

“Hingga seluruh perwira saya tunjuk dan semuanya setuju dengan pendapat saya. Namun tiba-tiba muncul suara celetukan dari belakang dengan dialek Jawa Timuran. ‘Ya jangan begitu pak, masa pohon ini ditebang!’”

“Saya kaget dan menoleh ke sumber suara. Ternyata dari seorang berpangkat kopral. Kemudian dia saya panggil dan bertanya. ‘Hei kopral, kenapa jangan ditebang?’”

PRABOWO SUBIANTO: PRAJURIT BERPANGKAT RENDAH LEBIH JUJUR

“Ya jangan pak, ini pohon sudah ada dari 20 tahun yang lalu dan dulu saya juga ikut menanam. Pohon itu tempat kami berteduh kalau menunggu apel pasukan. Pohon ini juga untuk menahan debu, panas, dll,” lanjut Kopral itu. Kemudian saya jawab. Kopral, kamu benar,” jawab Prabowo.

Setelah itu saya menoleh ke para perwira dan mengatakan. Hai perwira, kopral ini lebih jujur dari kalian. Kalian jawab setuju karena takut sama saya kan? Sambil senyum-senyum dan ketawa kecil akhirnya perwira itu mengaku. Sebenarnya mereka tidak sependapat tetapi terpaksa setuju karena mereka takut dengan saya sebagai komandan.”

Kita tidak boleh menilai orang dari penampilan dan pangkat. Terkadang mereka yang berpangkat rendah dan mereka yang “wong cilik” itu adalah orang yang lebih jujur dibanding mereka yang punya pangkat dan jabatan.

Bagaimana pendapat sahabat pembaca sekalian?