KesehatanLife Style

Benarkah Bawang Putih Berbahaya Bagi Penderita Sakit Maag?

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang terkenal kaya akan khasiat. Pakar Farmakologi dr. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc, PhD, Dipl.DK mengatakan, bawang putih memang memiliki banyak khasiat. Beberapa penelitian bahkan disebutnya sudah membuktikan manfaatnya pada beberapa kasus.

“Bawang putih biasa dimasak dan dikonsumsi. Selain itu banyak jurnal-jurnal penelitian yang membuktikan khasiatnya. Tentu khasiatnya juga lebih tinggi dari bawang putih biasa,” ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne.

Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi bawang putih ternyata berbahaya bagi penderita maag.

Fakta. Para herbalis berpendapat kalau bawang putih dikonsumsi penderita maag dalam perut kosong itu bisa fatal. Berdasarkan penelitian ternyata sama. Bawang putih sifatnya keras, jadi berbahaya bagi penderita maag dan tukak lambung. Konsumsi dengan perut kosong bisa timbulkan mual, muntah, dan tukak.”

Benarkah Bawang Putih Berbahaya Bagi Penderita Sakit Maag?

Lebih lanjut Rika mengatakan, bahwa bukan berarti penderita maag tidak boleh sama sekali mengonsumsi bawang putih. Reaksi tersebut biasanyan terjadi jika bawang putih dikonsumsi ‘mentah’ dan dalam kadar tertentu.

“Jika dikonsumsi mentah (misalnya berupa acar) atau ada kan beberapa jenis masakan yang pakai bawang putih mentah, itu juga tidak disarankan bagi penderita maag. Lalu kadarnya, jika terlalu sering itu yang memicu.”

Tidak semua orang memiliki kerentanan yang sama terhadap bawang putih, ada yang sensitif dalam artian bawang putih mencetuskan sakit maagnya, ada juga yang tidak.

“Intinya, secara umum, memang bawang putih ini dapat memperlambat pengosongan lambung dan karena itu mungkin kurang baik bagi penderita maag.”