Internasional

Kunjungan Pertama Menlu Jepang Ke Indonesia, Bahas Masalah Korut Hingga Ekonomi

Pada awal pekan depan Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia. Di Indonesia, Taro akan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan beberapa pejabat Indonesia lainnya.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir, ini adalah kunjungan pertama Taro ke Indonesia, sejak dia dilantik sebagai Menlu Jepang tahun lalu.

“Tujuan utama untuk melakukan pertemuan bilateral dalam konteks 60 tahun Indonesia dan Jepang dan dalam rangka dialog strategis. Dalam dialog strategis akan turut dibahas mengenai situasio di kawasang,” kata Arrmanantha pada Jumat (22/6).

Kunjungan Pertama Menlu Jepang Ke Indonesia, Bahas Masalah Korut Hingga Ekonomi

Dalam bidan bilateral, kedua Menlu akan fokus membahas masalah ekonomi, seperti diketahui Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia dalam kerjasama ekonomi.

“Akan mereview Indonesia-Japan Economic Cooperation (IJEPA). IJEPA selalu diriview setiap lima tahun sekali. Akan ada juga pembahasan mengenai kerjasama maritim, khususnya mengenai mengembangkan pusat-pusat perikanan terpadu,” ucap Arrmanantha.

“Dalam rangkan dialog strategis, khususnya akan dibahas mengenai perkembangan situasi di Semenanjung Korea, kerjasama ASEAN dan Jepang dan mengenai konsep arsitektur Indo Pasifik Indonesia,” ungkap Arrmanantha.

Arrmanantha kemudian menyatakan, selain bertemu dengan Retno, Taro juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo, Menko Maritim dan juga Sekertaris Jenderal ASEAN.