Teknologi

Di Bawah Bendera PT Eurokars Motor Indonesia, Penjualan Mazda Meroket

Per 1 Februari 2017, di bawah bendera PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) penjualan Mazda meroket. EMI mengambil alih peran agen pemegang merek (APM) Mazda dari tangan PT Mazda Motor Indonesia (MMI).

EMI menunjukkan prestasi sekaligus komitmennya memegang brand Mazda untuk pasar Indonesia. Selama lebih dari setahun, tidak kurang dari 10 produk baru dilansir, mulai Mazda CX- 3 sampai Mazda CX-9, SUV (sport utility vehicle ) premium yang futuristik nan mewah.

Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy pada acara buka bersama media di Roosevelt Cafe, Jakarta, kemarin menyampaikan, pihaknya sangat bangga melihat perkembangan Mazda di Indonesia. “Sejak mengambil alih distributorship dari Mazda Motor Corporation (MMC) pada 2017, kami bekerja keras menyesuaikan segala sesuatu yang diperlukan, mulai pilihan produk hingga jaringan distribusi Mazda.

Di Bawah Bendera PT Eurokars Motor Indonesia, Penjualan Mazda Meroket

Pada awal tahun ini, kami merasakan kemajuan yang cukup memuaskan. Terima kasih atas kepercayaan konsumen terhadap produkproduk Mazda,” tuturnya. Terhitung secara ritel, 1.437 unit Mazda berhasil dijual Eurokars pada kuartal I (Januari- Maret 2018), angka yang melampaui raihan pada periode yang sama tahun sebelumnya, sebanyak 444 unit.

Peningkatan penjualan ritel kuartal I/2018 sebesar 222,6% dibanding 2017, merupakan persentase peningkatan terbesar di antara brand mobil lain di Indonesia saat ini. Menurut Roy, tahun lalu mereka fokus meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari segala sumber yang dimiliki PT EMI.

Konsolidasi internal dilakukan untuk melakukan beberapa pembenahan agar tahun ini usaha yang dilakukan lebih lancar guna mencapai target yang ditetapkan. “Kami bersyukur upaya itu berjalan baik sehingga 2018 ini kami bisa lebih fokus bekerja mengem bangkan merek Mazda,” ungkap Roy.

Bahkan, menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), total penjualan Mazda secara wholesales (distribusi mobil kedealer ) sudah me nem bus angka 1.791 unit. Data ini dicatat sejak Januari-April 2018 (empat bulan pertama).

Sementara bandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama 2017 dengan penjualan whole sales 822 unit. Sepanjang 2017 saja, Mazda cuma men jual 3.861 unit secara whole sales . Artinya, prestasinya pada tahun ini membuat Mazda sudah lebih dari setengah jalan untuk melampaui pencapaian pada tahun sebelumnya.