Budaya

Makam Jenderal Mesir Kuno Ditemukan Di Situs Saqqara, Mesir

Sebuah makam yang berasal dari sekitar 3.300 tahun yang lalu sudah ditemukan di situs Saqqara. Mesir. Prasasti hieroglif mengatakan bahwa makam itu dibangun untuk seorang Jenderal Mesir Kuno yang bernama Iwrhya. Dia adalah seorang jenderal angkatan darat dan pengurus tinggi wilayah Amun serta pelayan tinggi dari perkebunan Ramses II di wilayah Amun seperti pernyataan dari Kementerian Antik Mesir pada tanggal 8 Mei 2018 yang Kami lansir dari laman LiveScience.com.
Amun adalah dewa penting di Mesir dan di hormati sebagai Raja Dewa sekitar 3.300 tahun yang lalu.
Karier Iwrhya di mulai pada masa pemerintahan Firaun Seti I yang memerintah Mesir dari tahun 1294 – 1279 SM dan berlanjut ke masa pemerintahan Firaun Ramses II yang memerintah Mesir dari tahun 1279 – 1213 SM seperti yang tertulis dalam prasasti.
Makam Jenderal Mesir Kuno yang ditemukan ini berisi sejumlah kamar termasuk kapel, gudang, halaman depan dan ruangan yang disebut “kamar patung”.
Makam Jenderal Mesir Kuno Ditemukan Di Situs Saqqara, Mesir
Seni yang ditemukan di ruang patung menggambarkan tindakan militer dan hubungan luar negeri dengan negara-negara tetangga. Menurut sebuah pernyataan, adegan ini termasuk “mooring boats” mengambil namuak guci kanaan. Orang Kanaan hidup di Israel dan Palestina Modern sekarang yang kadang-kadang di kuasai oleh orang Mesir.
Selain itu sebuah blok ditemukan di pasir yang mungkin terpisah dari dinding utara yang menunjukkan cukup pemandangan yang luar biasa dari unit infanteri dan kereta kuda menyeberang perairan dengan buaya,” kata sebuah pernyataan. Analisis adegan itu menunjukkan penyeberangan terjadi di suatu tempat di perbatasan timur Mesir.
Hingga saat ini penggalian masih terus berlangsung dan sisa-sisa manusia belum ditemukan di makam tersebut. Ada kemungkinan makam ini digunakan untuk mengubur banyak anggota keluarga seperti putra Iwrhya Yuppa dan cucunya Hatiay. keduanya disebutkan dalam prasasti. Menurut sebuah pernyataan, Ada kemungkinanya bahwa Iwrhya merupakan keturunan asing.
Sebuah tim yang dipimpin oleh Ola El-Aquizy, seorang profesor Egyptology di Universitas Kairo, Menemukan dan menggali makam selama periode 2017-2018. Situs ini terletak di Saqqara di sebelah selatan dari Piramida yang dibangun oleh seorang firaun bernama Unas yang memerintah Mesir Kuno lebih dari 4.300 tahun yang lalu. Saqqara berisi sejumlah besar peninggalan arkeologis yang mencakup ribuan tahun sejarah Mesir Kuno.
Foto diatas menunjukkan bagian dari adegan yang ditemukan di salah satu dinding makam. Tidak jelas informasinya siapa-siapa saja orang-orang yang berada pada lukisan tersebut, tetapi orang yang yang paling kanan pada lukisan dipercaya mungkin adalah Iwrhya.
Komplek makam ini berisi sejumlah bangunan seperti kapel. gudang, halaman depan dan bangunan yang oleh para arkeolog disebut “ruang patung” yang berisi sisa-sisa adegan arsitik. Gambar dibawah ini menunjukkan pintu masuk ke salah satu bangunan.
Kaki dan kaki orang-orang ini masih terjaga dengan baik meskipun perjalanannya selama 3.300 tahun. Sayangnya tubuh bagian atas mereka tampak menghilang.
Ukiran-ukiran yang ditemukan di dinding makam tampaknya menggambarkan orang-orang yang terlibat dalam suatu ritual.
Arkeologi sedang dalam proses mengungkap ukiran ini. Penggalian sedang berlangsung dan sebagian besar makam belum digali. Sejauh ini tidak ada sisa manusia yang ditemukan di makam.
Makam Jenderal Mesir Kuno ini ditemukan di gali selama tahun 2017-2018 dan penggalian masih berlangsung hingga kini.
Tim ini dipimpin oleh Ola El-Aquizy, seorang profesor Mesir Kuno dari Universitas Kairo Pada gambar diatas, Dia sedang berbicara pada penemuan makam Jenderal Mesir Kuno.