BisnisEkonomi

Inilah Empat Cara Hemat Dengan Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis menjadi populer dan banyak dijadikan pilihan oleh sebagian orang. Gaya hidup seperti ini dianggap efektif dan mampu membawa banyak perubahan di dalam pola pikir dan perilaku konsumtif seseorang.

Ketika seseorang menjalankan gaya hidup minimalis, maka yang bersangkutan akan hidup dengan lebih simpel, serta mengutamakan berbagai kebutuhannya daripada keinginan semata.

Tidak hanya lebih selektif saat menggunakan dan membeli berbagai barang, cara yang satu ini juga akan efektif memangkas jumlah pengeluaran. Membeli sesuatu lantaran benar-benar dibutuhkan, tentu jauh lebih tepat daripada membeli berbagai barang dengan keinginan semata.

Ada banyak cara hemat yang bisa Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup minimalis ini. Seperti dikutip dari Cermati.com, Jumat 18 Mei 2018, berikut beberapa cara hemat dari gaya minimalis.

1. Gaya minimalis dalam anggaran keuangan

Membuat rencana anggaran keuangan dengan gaya minimalis merupakan langkah pertama yang dapat Anda lakukan. Susunlah anggaran keuangan yang baru, di mana Anda menempatkan sejumlah dana yang memang efektif dan benar-benar dibutuhkan saja pada pos pengeluaranmu.

Inilah Empat Cara Hemat Dengan Gaya Hidup Minimalis

Hindari berbagai pengeluaran yang tidak perlu, terutama yang akan bertentangan dengan gaya hidup minimalis ini, misalnya belanja baju dalam jumlah yang banyak, membeli berbagai peralatan make-up yang baru sekaligus, dan yang lainnya.

Hindari berbagai pengeluaran yang tidak terlalu penting ini dan alokasikanlah sejumlah dana yang lebih besar ke dalam pos tabungan Anda. Jangan lupa untuk menjalankan anggaran ini di dalam keuangan, sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak uang.

2. Jalani hobi dan aktivitas yang hemat

Jika selama ini Anda mempunyai berbagai hobi mahal dan membutuhkan banyak uang, maka sudah waktunya mengubah kebiasaan ini.

Ada banyak hobi dan aktivitas lainnya yang sering dilakukan dan ternyata menghabiskan cukup banyak uang, seperti nongkrong di kafe beberapa kali dalam sepekan, menonton semua film terbaru, membeli buku-buku tapi tidak kunjung dibaca, dan yang lainnya.

Semua ini tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit, meskipun sebenarnya bisa saja aktivitas ini tidaklah benar-benar memberi manfaat untuk Anda.

Di dalam gaya hidup minimalis, berbagai aktivitas seperti ini tidaklah cocok untuk dijalankan. Cobalah beberapa aktivitas baru yang lebih bermanfaat dan tentunya bisa menghemat lebih banyak uang Anda.

3. Seleksi dan mulailah selektif dalam membeli

Inilah Empat Cara Hemat Dengan Gaya Hidup Minimalis

Apa saja barang yang Anda miliki di rumah? Apakah barang-barang ini benar-benar dibutuhkan dan selalu digunakan? Rumah bukan gudang, di mana Anda menyimpan berbagai barang, tapi tidak menggunakannya.

Hal seperti ini akan membuat rumah penuh tumpukan barang, bahkan bisa saja berbagai barang ini justru membuat Anda memiliki lebih banyak pekerjaan, seperti membereskannya, membersihkannya secara berkala, atau bahkan merawatnya.

Semua ini membutuhkan tenaga dan tentunya biaya. Untuk itu, mulailah seleksi berbagai barang yang dimiliki, sehingga hanya menyimpan barang yang benar-benar Anda butuhkan aja. Sisanya, bisa menjualnya atau bahkan menyumbangkannya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Setelah langkah di atas, pastikan juga tidak kembali megulangi kondisi yang sama. Hindari kegiatan belanja yang tidak perlu, di mana Anda membeli berbagai barang yang Anda inginkan, tapi sebenarnya tidak dibutuhkan.

4. Belanja dan gunakan dengan cerdas

Membeli berbagai barang yang Anda butuhkan saja tentu tidak cukup, jika Anda tidak menggunakannya dengan tepat. Hal ini berlaku untuk semua barang, termasuk berbagai kebutuhan dapur dan bahan makanan.

Sangat penting untuk mengelola dapur dengan baik dan memiliki aturan yang sehat dan hemat untuk area yang satu ini. Hindari untuk membuang makanan atau bahkan memasak dalam jumlah yang terlalu banyak, karena hal ini tidak akan sesuai dengan gaya hidup minimalis yang Anda inginkan.

Kelola dan olah berbagai bahan makanan dengan cara yang tepat, sehingga tidak rusak dan bahkan terbuang dengan percuma. Selain hemat, cara ini juga akan membuat Anda lebih sehat.