Olahraga

Latihan Bebas, Rossi Dan Vinales Masih Kesulitan Adaptasi Di Sirkuit Perez

Tampaknya Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi aspal baru di Sirkuit Jerez, Spanyol. Hal itu terlihat ketika duo Movistar Yamaha keteteran mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas di hari pertama, Jumat (4/5/2018) kemarin.

Dari catatan waktu gabungan di FP1 dan FP2. Rossi berada di posisi kesembilan, sedangkan Vinales menempati urutan ke-12. Ini tentunya bukan hasil yang memuaskan jelang balapan seri keempat MotoGP di Sirkuit Jerez, akhir pekan ini.

Meski demikian, Rossi maupun Vinales masih punya waktu untuk memperbaiki masalah yang dihadapi pada kuda besi YZR-M1 mereka. Di sisi lain, Direktur tim Massimo Meregalli menuturkan jika pihaknya sudah memprediksi jika dua pembalap dari tim Garpu Tala akan menghadapi kesulitan ketika berkenalan dengan aspal baru Sirkuit Jerez.

“Kami tahu bahwa kami akan memiliki sedikit hal yang harus dilakukan pada hari pertama di Jerez, karena kami tidak menghadiri tes di sini awal tahun ini, tetapi kami mengharapkan bisa tampil lebih baik pada tahap ini,” tutur Meregalli seperti dikutip dari laman resmi Yamaha, Sabtu (5/5/2018).

Latihan Bebas, Rossi Dan Vinales Masih Kesulitan Adaptasi Di Sirkuit Perez

“Kedua pembalap kami memberikan umpan balik positif tentang aspal baru, permukaannya lebih baik, tetapi grip tidak sebagus seperti di masa lalu, dan itu membuat waktu putaran berubah cukup drastis tergantung pada suhu. Kami menggunakan kedua sesi untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi serta mencoba berbagai spesifikasi set-up dan ban,” tambah Meregalli.

Meregalli menjelaskan tidak hanya masalah aspal baru saja yang menghambat laju kecepatan motor Rossi dan Vinales. Penentuan ban juga memainkan faktor penting pada hasil FP1 dan FP2.

“Pada akhirnya, ketika kami memakai ban lunak untuk melakukan serangan waktu, harapan kami tidak terpenuhi. Kami harus meningkatkan kecepatan dan kecepatan. Terakhir, yang paling penting untuk perlombaan. Kami hanya memiliki dua sesi untuk melakukannya, tetapi saya yakin para teknisi kami akan memberikan solusi yang bagus,” jelas Meregalli.