Pilkada 2018

Kunjungi UMKM, Sudrajat Berharap Petani Jabar Bisa Jadi Suppliernya

Calon Gubernur Jawa Barat No. urut 3, Sudrajat berkesempatan kunjungi UMKM Produsen Jeruk Nipis Peras Asli (Jenisa) di Kuningan. “Produk lokal home industry yang seperti ini yang betul-betul harus di bantu, bayangkan dia memproduksi sirup jeruk dan jeruknya dari Jawa Barat disuplai kira-kira hanya 15 persen, sisanya justru diimport dari Lampung,” ujar Sudrajat di sela-sela bincangnya dengan pemilik usaha Jenisa, Jumat (20/4/2018).

Sudrajat berharap ke depannya, petani Jawa Barat bisa mensuplai kebutuhan para pelaku industri ini, dengan begitu rantai produksi di Jawa Barat bisa mandiri. “Dengan begitu, masyarakat semakin sejahtera, dan petani-petani juga punya kesempatan untuk menjual hasil taninya terutama jeruk nipis yang betul-betul berkualitas. Ini tantangan bagi para petani untuk bisa berkolaborasi dengan industri sehingga semua menjadi terintegrasi dengan dukungan infrastruktur yang meningkatkan produktifitas,” ujarnya yang digadang-gadang sebagai pilihan terbaik Prabowo untuk Jawa Barat ini, Sabtu (21/4).

Kunjungi UMKM, Sudrajat Berharap Petani Jabar Bisa Jadi Suppliernya

Untuk mendukung terwujudnya harapan tersebut, Cagub yang berpasangan dengan Ahmad Syaikhu selaku wakil sudah menyusun program entrepreneurship dengan target bisa mencetak 300 ribu wirausaha baru dengan nama ‘Asyikpreneur’.

“Kami bercita-cita dapat melahirkan 300 wirausaha baru. Mereka kita berikan penyuluhan, pendidikan bahkan kita berikan akses modal 10 sampai 50 selanjutnya ada pembimbingan, yang kedua di setiap kecamatan nanti akan dibuat yang namanya pojok wirausaha, dan saya lihat ini sangat potensial,” terang Sudrajat.

Beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis (12/4) pasangan Asyik sudah meluncurkan salah satu program yang diusungnya, yakni ‘Asyikpreneur’. Program yang digadang-gadang sebagi program lanjutan dari program yang sudah dirintis oleh Gubernur Ahmad Heryawan dengan mencetak sekitar 120-an ribu wirasusahawan baru di Jawa Barat selama masa jabatannya.