Olahraga

Alasan Canelo Tak Membuat Pelatih Golovkin Sepenuhnya Percaya

Pelatih Gennady “GGG” Golovkin, Abel Sanchez tampaknya tidak dapat sepenuhnya menerima alasan yang diungkapkan oleh Saul “Canelo” Alvarez dan timnya terkait positif menggunakan clenbuterol dalam tes doping.

Duel ulang antara Gennady Golovkin dengan Saul Alvarez alias Canelo rencananya akan berlangsung pada 6 Mei 2018

Tim dari Canelo dan beberapa pihak menyalahkan daging yang terkontaminasi yang beredar di Meksiko sebagai akar penyebab masalah. Akan tetapi alasan ini tidak begitu saja dipercaya oleh Sanchez.

Walaupun terdapat kemungkinan tersebut, tetapi Sanchez mempunyai sejumlah pertanyaan yang terlintas di kepalanya.

Salah satu tim Canelo mempunyai anggota keluarga yang memiliki toko daging. Salah satu pelatihnya, Chepo Reynoso juga adalah mantan tukang daging, dan masalah daging yang terkontaminasi merupakan masalah yang telah terdokumentasi dengan baik di Meksiko.

Sebelum Canelo, terdapat juga petinju lain dari Meksiko, seperti Erik Morales dan Francisco Vargas yang positif clenbuterol dalam tes doping pada beberapa tahun terakhir.

Lantaran masalah tersebut sudah sering terjadi dan diketahui, Sanchez menuntut mulai kapan alasan “daging yang terkontaminasi” yang sering digunakan ketika seorang petinju positif terhadap zat terlarang tersebut.

Kepada ESPN Deportes Sanches menegaskan, “Berapa kali ini harus terjadi. Canelo tidak tinggal di bawah batu, Canelo tinggal di Meksiko, jadi dia tahu. Dan keluarga timnya adalah tukang jagal, keluarga mereka memiliki toko daging, dan mereka tidak tahu? Dan juga, dia tidak memaksa siapa pun untuk memastikan dagingnya aman?”

Oleh sebab itulah Sanchez berharap adanya penyelidikan penuh atas masalah ini. “Saya harap para ahli melakukan penyelidikan dan menentukan apakah itu karena daging, saya bukan ahlinya,” ungkapnya.

Apabila masalah yang dihadapi Canelo memang berasal dari daging yang terkontaminasi dan jumlahnya rendah, Sanchez masih bisa menerimanya. Akan tetapi dia menuntut tetap dilakukan penyelidikan agar semuanya menjadi jelas. “Semoga pertarungan terus berlanjut dan semuanya berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Adapun pertarungan ulang antara raja kelas menengah IBO/IBF/WBA Super/WBC, Golovkin melawan Canelo sendiri rencananya akan berlangsung di T-Mobile Arena di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat pada 6 Mei 2018 WIB.