Pendidikan

Meski Tak Juara, Delegasi FK Unad Berhasil Jadi Finalis Scripta Research di FK USU

Sebanyak 10 delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang, berhasil menjadi finalis dalam Scripta Research Festival 2018. Festival ke-5 dengan tema ”Maternal and Child Disease: The Importance of Maternal and Child Health Efforts as One of The Priorities of Health Development in Indonesia “, dilaksanakan FK Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, pada 2-5 Februari lalu.

10 delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang, berhasil menjadi finalis dalam Scripta Research Festival 2018.

Hal tersebut diungkapkan Syifaurrahmah – salah seorang anggota delegasi – di FK Unand sesudah mereka mengikuti “Scripta Research Festival 2018” dimaksud.

Delegasi yang berhasil sebagai finalis terdiri dari 4 tim dari 3 cabang lomba yang berhasil mengalahkan puluhan tim dalam seleksi menuju tahap final.

Dari  4 tim itu, dua tim pada lomba Literature Review. Tim pertamanya: Syifaurrahmah, Jian Hambali, dan M. Yusan Pratama. Tim keduanya: Khairunnisa, Diana Ismail, dan Irfan Hasbullah P.

Satu tim pada lomba poster publik: Latifah Hanum, Noptriani, dan Yuli Syafirah. Sedang  pada lomba Essay Ilmiah diwakili Eriza Amalia Zain.

Ditambahkan, event ini adalah agenda tahunan ilmiah nasional terbesar, semua fakultas kedokteran di Indonesia, bertujuan untuk menciptakan dan mendukung terbentuknya iklim keilmiahan di kalangan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia, yang dicapai melalui kegiatan simposium dan perlombaan.

Berbagai perlombaan yang diadakan diantaranya research paper, literature review-poster ilmiah, poster publik, esai ilmiah dan video edukasi.

Kali ini delegasi belum berhasil membawa gelar juara untuk FK UNAND, tetapi keberhasilan FK UNAND mengirimkan sepuluh delegasi dalam ajang perlombaan ilmiah bertaraf nasional yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa terbaik dari fakultas kedokteran se-Indonesia, juga merupakan suatu kebanggaan.

Syifaurrahmah menuturkan, “Di sana kami juga mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti jamuan makan dari Gubernur Sumut sekaligus pembukaan acara (welcoming party), tour ke Istana Maimun, food court ke beberapa destinasi yang menyuguhkan makanan khas kota Medan, tour ketiga ras, Pulau Samosir, Museum Huta Bolon, dan Simanindo Samosir.”