Teknologi

Honda Keluarga CB Terus Berevolusi, Yamaha RX Series Bertahan

Honda CB Series terus berevolusi dari mulai sejak dilahirkan secara global 1951 dibuktikan dengan hadirnya Honda CB125R. Hal ini berbanding terbalik dengan Yamaha RX Series, motor yang terbilang legenda dan masih diburu ini sampai saat ini tetap bertahan tak dibuat penerusnya.

Honda Keluarga CB Terus Berevolusi, Yamaha RX Series Bertahan

Bedasarkan data penjualan Motor Bekas sampai saat ini Yamaha RX Series adalah merek motor yang paling dicari konsumen  meskipun dengan harga yang naik sampai 3 kali lipat.

Tingginya harga tersebut bisa dilihat di situs jual beli barang bekas seperti OLX atau Carmudi, harga Yamaha RX King yang bisa mencapai puluhan juta tergantung keadaan motornya.

Tetapi meskipun begitu Yamaha sampai saat ini belum ada rencana membangkitkan lagi motor-motor berlabel RX seperti RX King atau RXZ, mungkin lantaran RX Series adalah motor bermesin 2 Tak sehingga harus perlu meriset untuk mengubah jenis ke mesin 4 Tak.

Berbeda dengan Honda  CB Series yang memang dari awal sudah bermesin 4 Tak , sehingga Honda terus memperhankan nama CB untuk produk barunya seperti CB 150 R, CB 250 R, dan yang terbaru CB125R dengan merubah tampilan dengan desain yang lebih modern dan sporty.

Keluarga Honda CB 125 R diperkenalkan pada ajang EICMA 2017 dan mengusung konsep desain yang sama, yaitu “Neo Sport Cafe”.

Motor bergaya retro ini dilengkapi segudang fitur modern yang tidak dimiliki motor sekelasnya dan akan diluncurannya di Portugal awal pekan depan.

Bermesin 125cc satu silinder dengan torsi 13.1bhp, Kapasitas mesin yang lebih kecil otomatis membuat harga Honda CB125R dibanderol lebih murah. Meskipun begitu, Honda tetap melengkapinya dengan bebeberapa fitur unggulan yang dimiliki CB300R.

Honda CB125R meskipun kapasitas mesinnya sangat kecil, tetapi bodinya terlihat sangat berisi. Hal ini tidak lepas dari pemakaian rangka tabular baru yang menghiasi bagian tengah CB125R. Dibawah mesinnya terpasang engine cover dan knalpot underbelly yang menambah kesan agresif motor sport Honda ini. Kemudian untuk bagian depan terpasang headlamp berbentuk bundar yang sudah menggunakan lampu LED. Tidak hanya bagian depan, lampu belakang CB125R juga sudah Full HD.