Kesehatan

Benarkah Cuka Apel Bisa Turunkan Berat Badan?

Cuka apel disebut mempunyai banyak kegunaan, sebab dipercaya mampu membantu mengurangi lemak tubuh. Tetapi, benarkah cuka apel bisa membantu membuat tubuh ramping?

Cuka apel disebut mempunyai banyak kegunaan, sebab dipercaya mampu membantu mengurangi lemak tubuh.

Bahwa cuka apel bisa membantu mengurangi lemak di tubuh ditemukan oleh berbagai studi. Hal ini dikarenakan kandungan cuka yang rendah kalori.

Satu sendok makan cuka apel diketahui mengandung sekitar tiga kalori dan sekitar 5-6 persennya mengandung asam asetat.

Kandungan ini kemungkinan bisa mengurangi timbunan lemak, mempercepat pembakaran lemak, meningkatkan gula darah dan respons insulin. Kandungan ini juga bisa mengurangi nafsu makan dan membantu mendorong rasa kenyang, asupan kalori bisa diturunkan secara alami.

Di samping itu, cuka ini juga dikatakan memberikan manfaat sehat lainnya, seperti memperbaiki kadar gula darah pada mereka yang mengidap deiabetes tipe 2.

Cuka ini juga mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai polifenol atau antioksidan. Namun, wajib dicatat bahwa mengonsumsi terlalu banyak cuka apel bisa merusak kesehatan gigi.

Lantaran keasamannya, cuka apel bisa merusak gigi, melukai tenggorokan, dan menyebabkan sakit perut.

Perlu diketahui bahwa cuka apel dibuat dalam dua langkah proses fermentasi. Cuka apel dibuat dari apel yang dihancurkan yang telah dicampur dengan ragi untuk mengubah gulanya menjadi alkohol.

Lalu, bakteri ditambahkan untuk memfermentasi campuran tersebut. Proses produksi umumnya membutuhkan waktu sekitar satu bulan, namun sejumlah pabrik mempercepat proses ini hingga satu hari.