KesehatanLife Style

Menurut Riset di Inggris, Sosis Berisiko Picu Kanker Payudara

Termasuk dalam kategori makanan olahan, sosis sudah terkenal dengan dampak buruknya pada tubuh. Kini studi terbaru menunjukkan, mengonsumsi sosis dalam jumlah sedikit saja bisa memicu kanker payudara pada wanita.

Kini studi dari Institute of Health and Wellbeing dari University of Glasgow, Inggris, sosis disebut bisa memicu bahaya kanker pada wanita.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, Selasa, 30 Januari 2018, studi sebelumnya sudah mengaitkan konsumsi daging olahan dengan penyakit jantung dan kanker kolorektal. Kini studi dari Institute of Health and Wellbeing dari University of Glasgow, Inggris, sosis disebut bisa memicu bahaya kanker pada wanita.

Studi yang dilakukan dr. Pell itu menganalisis data dari UK Biobank, yakni sebanyak 262,195 wanita dengan rentang usia 50-69 tahun. Sebanyak 4,819 wanita didiagnosis menderita kanker payudara.

Dr. Pell mengobservasi bagaimana perilaku konsumsi daging olahan yang dilakukan oleh para partisipan wanita itu. Tercatat, rata-rata mereka mengonsumsi lebih dari 9 gram daging olahan yang memicu resiko kanker buah dada sebesar dua puluh satu persen.

Selanjutnya, dr. Pell mengombinasikan hasil studi itu dengan 10 studi lainnya, yang ditotal mencakup 1,6 juta wanita. Hasilnya, kaitan antara kanker payudara dan konsumsi daging olahan semakin meningkat sesudah menopause.

Walaupun begitu, peneliti memisahkan efek konsumsi daging olahan seperti sosis dengan daging burger. Di mana, daging olahan dalam burger dan steik, tidak mempunyai efek pada resiko kanker payudara.

Kalau masyarakat mau menurunkan kadar konsumsi daging olahannya, resiko kanker payudara bisa diturunkan,” ucap peneliti.