KesehatanLife Style

NGELEM BAHAYAKAN JANTUNG LOH !

Penyalahgunaan zat dengan cara menghirup zat-zat kimia yang gampang menguap umumnya dikenal dengan istilah ngelem dan cukup populer di kalangan anak jalanan.

‘Ngelem’ cukup populer di kalangan anak jalanan.

Selintas kebiasaan ini terlihat tak membahayakan kesehatan. Padahal, kegiatan yang dilakukan berulang tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan zat ini, terutama berupa gangguan irama jantung, mulai dari meningkatnya denyut jantung sampai yang paling berat bisa menyebabkan keadaan henti jantung yang malah bisa berdampak fatal. Termasuk penggunaan ganja, penggunaan dosis yang lebih tinggi dari zat ini bisa menyebabkan penurunan tekanan darah dan denyut jantung.

Namuni, jarang sampai menyebabkan keadaan fatal. “Untuk ganja memang di sejumlah negara dibolehkan dijual bebas seperti di Belanda. Tetapi akibat yang ditimbulkannya tetap wajib kita ketahui. Lebih baik menghindarinya sehingga efeknya bisa kita hindari,” kata dr Teuku Istia Muda Perdan SpJP FIHA.

Dia melanjutkan, gejala awal yang paling mudah dikenal dari pengguna narkoba adalah justru gejala psikologis, bukannya fisik. “Pengguna narkoba umumnya akan menarik diri dari pergaulan, kurang interaksi sosial, cenderung tertutup, mudah gelisah, dan marah. Inilah beberapa gejala pemakai yang biasanya terlihat,” kata dokter yang akrab dipanggil Dani ini.

Nah yang paling dikhawatirkan adalah pengguna jarum suntik yang bisa mengakibatkan dirinya terinfeksi HIV, virus hepatitis, dan lain-lainnya.

Bahkan, terjadinya infeksi dinding bagian dalam rongga jantung yang dikenal dengan endokarditis infektif. “Yang paling sulit ditangani adalah pengguna jarum injeksi. Lantaran dari hasil laboratorium biasanya pasien bakal membutuhkan obat dari golongan yang keras dan biasanya akan menjadi resisten,” imbuh dr Dani.

Idealnya penanganan terhadap pemakai narkoba haruslah dilakukan secara lengkap dan melibatkan tim dokter dari berbagai disiplin ilmu. Perlu juga dilakukan screening sebab pada pengguna yang kronik, umumnya sudah mulai terjadi gangguan jantung.