Pendidikan

LAGU GUNDUL – GUNDUL PACUL DIMAINKAN 13 MAHASISWA ASING

Sebanyak 13 mahasiswa asing kelihatan asyik memainkan angklung di salah satu ruang kelas SMP Kristen 1 YPK Malang. Sebelumnya mereka agak kesulitan memegang dan memainkan alat musik tradisional itu. Tetapi lama kelamaan para mahasiswa asing tersebut bisa memainkan satu buah lagu.

Mahasiswa asing sedang belajar membatik

Lagu yang mereka mainkan berjudul gundul-gundul pacul. Setidaknya para mahasiswa asing sukses memainkan 2 bait pertama lagu yang berasal dari Jawa Tengah tersebut. Raut wajah senang terpancar di masing-masing mahasiswa. Bahkan, mereka bertepuk tangan saking senangnya.

Ya, para mahasiswa dari Messiah College, Pennsylvania itu memang sedang melakukan kunjungan rutin ke SMP Kristen 1 YPK, Jalan Kelud 14, Kota Malang. “Ini adalah kegiatan english day yang rutin dilakukan setiap Januari di minggu kedua,” ujar Kepala SMP Kristen 1 YPK Malang Grace Imelda, Senin (15/1).

Selama kunjungan, mahasiswa-mahasiswa asing diajarkan tentang aneka budaya Indonesia. Mulai dari tari, membatik sampai bermain angklung. “Kami menyambut mereka dengan tari gading alit. Respons mereka positif,” ujarnya.

Grace menyampaikan, kegiatan ini sudah memasuki tahun keempat. Dia berharap kegiatan ini bisa memupuk rasa nasionalisme dari masing-masing anak. Selain tersebut juga bisa mengajarkan para mahasiswa asing mengenai kebudayaan Indonesia. “Kami memang sudah bekerja sama. Setiap tahun pasti kesini,” jelasnya.

Sesudah bermain angklung. Mahasiswa asing diajak membatik. salah satu mahasiswa, Julia Hansen mengaku baru pertama kali mengetahui angklung dan batik. “(Kebudayaan Indonesia) Indah. Saya baru pertama kali tahu,” ucap Julia dengan menggunakan bahasa Inggris.

Julia terkesan membatik. “Lilinnya yang panas agak berbahaya. Saya juga suka angklung. Mudah memainkannya, hanya digoyang,” ujarnya sembari tertawa.