Ekonomi

2018, Jurus Sri Mulyani Kejar Ekonomi Tumbuh 5,4 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada 2018, pertumbuhan ekonomi yang dipatok berada di angka 5,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bakal tercapai.

Tentunya, untuk mencapai angka tersebut butuh strategi khusus dari pemerintah.

Dia pun mengungkapkan, beberapa taktik alias jurus untuk mencapai pertumbuhan ekonomi pada 2018 sebesar 5,4 persen, di antara kuncinya yang pertama adalah menjaga konsumsi rumah tangga di kisaran 4,9 persen sampai 5 persen.

“Kunci lainnya investasi bisa terjaga di atas 75 persen, ekspor harus dijaga momentumnya agar overall growth-nya meningkat,” kata Ani akrabnya disapa di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 8 Januari 2018.

Selain itu, sejumlah even yang ada pada tahun ini diyakini bisa mendorong peningkatan konsumsi yang bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Khususnya, even internasional seperti Asian Games dan IMF-World Bank Annual Meeting yang direalisasikan pada semester II 2018.

“Semua terjadi di semester kedua. Karena itu terjadi di bulan Agustus. Pilkada serentak juga sama. Lalu, Lebaran akan maju ke bulan Juni. Karena itu growth akan terjaga dan diharapkan konsumsi bisa di atas lima persen,” katanya.