Wisata

YUK, NAIK GONDOLA DI PANTAI TIMANG

Pantai Timang Gunung Kidul dikenal sebagai salah satu pantai yang tersebar di wilayah Gunung Kidul. Pantai yang mempunyai 2 areal yang berbeda, pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang berwarna putih bersih sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya.

Untuk mencapai Pulau Timang ini wisatawan mesti menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung

Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yang cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Lantaran terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai, pada pantai berbatu ini pemandangan akanl sangat indah. Batu besar atau pulau itu dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang.

Perjalanan untuk menuju pantai ini sangat menantang. Jalan untuk menuju ke pantai ini sangat terjal dan berbatu. Pantai Timang memiliki pemandangan yang sungguh menawan dengan pasir putih yang terhampar bersih disepanjang pesisir pantai ini. Tumbuhan pandan berderet tumbuh subur disekitar pantai ini menambah keindahan panorama Pantai Timang Gunungkidul ini. Pengunjung pantai ini belum sebanyak pantai lainnya yang sudah terkenal sebelumnya sehingga bila anda perhatikan suasana di pantai ini masih terkesan alami.

Lokasinya berada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.

Pulau Timang Gunungkidul memang bukan pulau seperti pada umumnya yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Pulau ini tak lebih berupa bongkahan batu karang yang besar dengan tebing yang sangat curam. Untuk mencapai Pulau Timang ini wisatawan mesti menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sungguh kuat sehingga dapat menopang berat tubuh dari seseorang dan selanjutnya ditarik oleh beberapa orang sehingga gantole itu bakal bergerak ke arah Pulau Timang.