Kuliner

Gulai Ayam, Nikmatnya Lezatnya Makan Ayam

Makanan bersantan begitu banyak jenisnya di Indonesia. Deretan makanan bersantan paling dikenal masyarakat Indonesia adalah opor, gulai, dan kari. Selain berbahan santan, ketiga makan tersebut juga memiliki paduan olahan hampir mirip, termasuk Gulai. Gulai ayam adalah hidangan ayam tradisional Indonesia yang dimasak dengan saus yang pedas, kaya, kekuningan, dan seperti gulai. Ini berasal dari Sumatera Barat (Padang). Ini dapat digolongkan sebagai kari Indonesia. Bersama dengan gulai kambing, (kambing atau kambing gulai), ini adalah varian gulai yang paling umum dan populer. Gulai ayam merupakan hidangan yang terbuat dari bahan dasar ayam yang dipadukan dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Sehingga akan menghasilkan hidangan yang nikmat untuk disantap. Masakan ini memiliki ciri khas berwarna kuning sebab pengaruh dari sari kunyit tadi. Gulai ini juga sering disebut sebagai bentuk lain dari kari. Dan di luar negeri, gulai ini sering dikatakan sebagai kari ala Indonesia. Meskipun dalam kuliner Indonesia juga ditemukan olahan yang bernama kari, yang sangat mirip dengan masakan gulai ini.

Gulai adalah salah satu jenis hidangan yang tersebar luas di Nusantara, terutama di Sumatera dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Hidangan ini berasal dari Sumatera sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari. Gulai adalah salah satu bumbu hidangan dasar yang paling dikenal dalam Masakan Minangkabau, kuah gulai yang berwarna kuning ini menjadi bumbu dan memberikan citarasa bagi berbagai macam hidangan yang disajikan di rumah makan Padang. Jenis masakan ini dapat dikatakan jika kari ini adalah salah satu bahan dasar paling terkenal dalam masakan Minangkabau. Rempah-rempah kari atau kari pada umumnya tebal di Minangkabau, Aceh, dan masakan Melayu. Namun, tidak seperti di Jawa, umumnya saus kari lebih cair sehingga lebih mirip sup yang disajikan saat masih panas yang biasanya berisi daging kambing atau jeroan.

Walau banyak persamaan antara masakan Opor, Kari dan Gulai, tetapi, dari sisi bumbu, Kari, Gulai dan Opor me­miliki persamaan dan hampir mirip. Hanya sejumlah perbedaan saja. Pada masakan Opor dipakai bumbu kemiri jadi warnanya putih, kalau gulai pakai cabai jadi warnanya merah dan kari pakai kuyit jadi warnanya kuning. Gulai dan kari itu lebih pedas jika dibandingkan dengan opor. Adapun cara membuatnya, pertama panaskan minyak cukup untuk menumis bawang dan rempah nanti. Kemudian, masukkan bahan tumis. Saya masuk sekali gus. Kacau hingga bau harum. Masukkan paste rempah tadi. Kacau hingga garing. Guna api perlahan dan kacau jangan sampai    hangus nanti gulai rasa pahit. Sesudah rempah naik minyak, masukkan ayam dan gaul sebati. Masukkan air sedikit dan kacau. Masukkan kentang dan aduk sebentar. Masukkan santan dan kacau. Masukkan air. Perlahankan api semula dan biar hingga pecah minyak. tidak lama menunggu, minyak. Apabila sudah mendidih minyaknya, angkat dan masakan Gulai siap dihidangkan dengan nasi putih.